http://www.blogger.com/html?blogID=5248118097799647105 dr. Padjadjaran: Anak Kost , Riwayat mu Kini....

Yang Mengelola blog ini:

pengabdian kepada masyarakat fakultas kedokteran universitas padjadjaran

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

29.10.09

Anak Kost , Riwayat mu Kini....

Anak kost. Apa yg terbesit di pikiran kita ketika mendengar kata itu? Anak rantau?? menderita?? penuh keterbatasan – dalam hal financial terutama?? berprestasi?? cinta damai??
Benarkah anggapan orang-orang yg menganggap anak kost (terutama anak rantau) hidupnya serba terbatas?? katanya anak kost itu banyak ga sehat, anak kost itu ga bisa hemat (ga pintar ngatur duit) hingga sering anak kost itu awal bulan makan enak dan akhir bulan ga makan, pokoknya gak ada cara sehat buat mahasiswa yg ngekost, menderita emang harusnya begitu, gak mahasiswa namanya kalo gak menderita.. (iya gitu..??) dan banyak juga anggapan lain tentang anak kost. (kok anggapan nya jelek-jelak ya??)

Memang semua hal ini tak dapat dihindari dari seorang mahasiswa. Kondisi badan fit, semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan lancar dan mendapat hasil yang memuaskan. Tapi, apakah bisa anak kost slalu sehat walau ada dalam keterbatasan???
Pertanyaan bagus !! Daripada kita tertekan dengan hal-hal diatas, kita bisa melakukan beberapa hal berikut agar kondisi kesehatan kita tetap terjaga (walaupun menjadi seorang anak kost..)

1. Mengatur pola makan yang sehat

• Atur pola makan yang sehat dengan makan makanan yg bergizi, makan banyak sayuran dan buah-buahan (percaya gak tiga butir buah perhari menjauhkan kita dari dokter mata?), konsumsi rempah-rempah, dan mengunyah makanan dengan sempurna.
• Hindari makanan siap saji, hindari makanan yg kandungan gula nya tinggi (karena bisa melemahkan sistem imun –pertahanan tubuh-), lemak dan minyak (karena menyebabkan penyumbatan pembuluh darah), susu sapi (karena manusia tidak mampu sepenuhnya mencerna susu sapi), dsb.
• Bagi anak kos-kosan mungkin tiap hari mie instan dah masuk daftar menu makanan. Sebenarnya, mengkonsumsi mie instan setiap hari itu tidak baik.

2. Olahraga secara teratur

• Bila tidak punya uang untuk jenis olah raga yang memakan biaya atau untuk lebih hemat, bisa ketika kita bangun tidur, kita melakukan gerakan-gerakan kecil pada setiap persendian badan secara rutin, lari pagi minimal sekali dalam seminggu. Dan kalau tidak sempat melakukan kedua hal diatas untuk lebih menghemat, jika kost-nya masih bisa dijangkau dengan “jalan kaki” hindari naik ojek. (dan sekadar informasi, jalan kaki adalah salah satu olahraga terbaik yang dilakukan untuk menjaga bioritme tubuh...)

3. Istirahat

• Jauhi stress, jangan lupa untuk tetap istirahat karena itu sangat diperlukan oleh tubuh kita, jadi istirahatlah dengan baik

4. Jauhi alkohol

• Karena merokok dapat menyebabkan kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin – kayak yg di iklan-iklan..^^).

5. Rajin mandi.. :)

• Menurut penelitian terbaru, mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tapi mandi juga memiliki peranan penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan menyembuhkan masalah medis serius. (untuk hal ini.., mungkin nanti akan sya paparkan tersendiri di artikel lain..^^)

6. Hindari berpakaian ketat saat tidur..

• Pakaian yang menekan perut atau dada, bisa menekan saraf sehingga akan memengaruhi fungsi organ yang bersangkutan..
Dengan mencoba hal diatas mudah-mudahan setiap kita (terutama anak kost) tidak ada lagi yang kurang sehat,lesu, maupun kurang gizi, tapi anak kost juga akan menjadi sehat dan tetap semangat! Selamat mencoba dan semoga sukses!!.

*karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat...:)

danfer

0 Comments:

Post a Comment



Pengikut