http://www.blogger.com/html?blogID=5248118097799647105 dr. Padjadjaran: cerita perjalanan HARI GIZI NASIONAL 2010 :D

Yang Mengelola blog ini:

pengabdian kepada masyarakat fakultas kedokteran universitas padjadjaran

Get The Latest News

Sign up to receive latest news

1.3.10

cerita perjalanan HARI GIZI NASIONAL 2010 :D

28 Februari 2010
Jatinangor, Desa Hegarmanah, RW 04

Peringatan HARI GIZI NASIONAL 2010. sebuah event yang sudah kami rencanakan sejak 2 minggu lebih ke belakang (persiapan teknisnya sih cuma 1 minggu, jadinya agak-agak gitu deh acaranya hehe). sebuah acara yang mengundang fakultas-fakultas kedokteran di seluruh jawa barat dan jakarta sebagai partisipan aktif yang turut terintegrasi dalam setiap acaranya.

sebuah perjalanan singkat hari itu, tetapi sungguh penuh makna tersirat.

dimulai dari pagi itu, saat semua panitia dari PKM FK UNPAD memulai paginya dengan deg-degan yang super menanti apa yang akan terjadi hari ini. kemudian persiapan menyambut kedatangan para delegasi di FK UNPAD. sementara yang lain mempersiapkan kedatangan, saya dan kevin (sang ketua acara yang merangkap jadi supir dan seksi logistik) bergegas mengunjungi kantor polisi untuk meminta kepastian akan izin long march hari itu.

setelah berbicara ini itu, akhirnya kami mengantongi izin itu. bukan tanpa pengorbanan, karena saya harus meninggalkan nomor handphone saya disana. yasudahlah, yang penting long march jalaaaaan :D

satu persatu (beneran satu-satu kalo ini mah :p) delegasi itu bermunculan. kemudian sekwil ISMKI wilayah 2 juga sudah hadir di FK UNPAD. tetapi sayang, ternyata masa yang terkumpul baru sekitar 15 orang (itu pun kalo anak PKMnya di hitung). jadilah mulai timbul keraguan untuk mengadakan long march (jadi ga ya? jadi ga ya? aduh ga jelas banget kalo long march cuma segini!). akhirnya setelah keberangkatan molor satu jam, datang juga pasukan yang entah darimana menyelamatkan long march yang sudah susah-susah diusahakan (bolak-balik bandung-jatinangor hanya untuk sebuah tandatangan)

Long march akhirnya jadi dilaksanakan. dimulai dari FK UNPAD-jalan sayang-puri indah-RW 04. yaa kurang lebih sekitar 3 km laah (cape ga temen-temen? :D). dengan kurang ajarnya saya naik mobil dan lewat aja di depan mereka (hehe maaf yaa saya dan beberapa orang yang lain harus meng-handle yang di lokasi). kira-kira hanya setengah jam mereka long march. cepet juga ternyata. akhirnya, kami semua sampai di lokasi, RW 04 Desa Hegarmanah, Jatinangor.

warga sudah berkumpul saat itu. dibawah naungan terpal dan juga beralaskan terpal untuk mereka duduk, tetap tidak menyurutkan antusiasme mereka melihat kedatangan kami. acara pun segera dimulai dengan doa dan sambutan-sambutan (yang saya yakin ga ada yang dengerin :D). kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk penyuluhan. penyuluhan berjalan lancar dan cukup interaktif. dan saat penyuluhan itu juga diberikan garam beryodium dan juga hadiah kepada mereka yang bisa menjawab pertanyaan. yaa hadiahnya si ga seberapa, hanya untuk membangkitkan motivasi mereka ke depannya aja.

tibalah pada bagian acara yang paling ribet, yang paling ga terkondisi sampai saya juga bingung bagaimana harus menceritakannya sekarang. pokoknya di bagian ini, kami mengadakan antropometri dan pemeriksaan tensi darah untuk para warga (khusus antropometri hanya untuk para balita ^^). dan pembagian susu yang dijadwalkan setelahnya, akhirnya dibagikan saat itu juga. begitu juga dengan telur, tahu, dan tempe yang rencananya dibagikan setelahnya.

mungkin event ini masih sangat banyak kekurangan, masih sangat banyak evaluasi yang bisa dijadikan pembelajaran ke depannya. tetapi kami yakin, acara ini akan tertoreh di hati mereka, warga RW 04. setidaknya hari itu, kami menorehkan sebuah sejarah baru disana. sebagai para Mahasiswa pertama yang mengadakan acara seperti itu. yang mengabdikan dirinya hanya untuk masyarakat. yang rela menempuh jarak yang cukup jauh hanya untuk mengunjungi mereka, masyarakat kecil yang masih terbelakang.

mau bukti? mungkin hanya saya dan kevin yang mendengar bahwa pak RW juga menyatakan rasa bangga dan terima kasihnya kepada semua mahasiswa yang hadir, lewat pengeras suara yang ada di masjid. sebuah bentuk terima kasih yang berlebihan menurut saya jika dibandingkan dengan apa yang kita berikan kepada mereka saat itu. tetapi, semua bentuk terima kasih itu mengisyaratkan bahwa mereka memang butuh itu. bahwa mereka memang belum tersentuh dengan hal semacam itu.

Mahasiswa, bukalah mata kalian! lihat sekeliling. masih banyak yang butuh uluran tangan dan cobalah membantu sebisa kalian. mahasiswa, sejatinya kita adalah bagian dari mereka yang mungkin mereka harapkan untuk dapat membantu mereka. mahasiswa, bukan saatnya lagi hanya berpangku tangan dan berada dalam zona konsep yang tak kunjung usai. saatnya bergerak nyata untuk mereka yang butuh kita!

setidaknya inisiasi sudah kita lakukan. sedikit pencerahan sudah kita berikan untuk mereka. sedikit fungsi dari mahasiswa sebagai pengabdi masyarakat sudah kita jalankan. kita sudah melakukan yang terbaik, walaupun belum menjadi yang terbaik. tinggal tunggu langkah selanjutnya. menyebarkan kebermanfaatan seluas-luasnya.

tidak ada kata yang pantas untuk menggambarkan semua yang terjadi hari itu. silahkan lihat dan rasakan sendiri apa yang terjadi dan apa yang kami dapat saat itu :D


*gaya tulisannya beda sama yang dulu ya? hehe

0 Comments:

Post a Comment



Pengikut